Saturday, January 18, 2020

BANJIR DAN TIPES DI AWAL TAHUN 2020

Hallo. Ngga berasa ya udah tahun baru, selamat tahun baru semuanya. 2020 angka yang bagus, semoga jadi tahun yang bagus dan bawa berkah ya untuk kamu-kamu yang baca blog ini.

Kalau buat gue, 2020 adalah tahun yang gue harap menjadi tahun yang bahagia. Ya, entah ya gue ngga ada resolusi apa-apa tahun ini. Cuma berharap kuliah cepet selesai aja sih hehehe. 

Hari pertama awal tahun baru 2020 dibuka dengan rintik-rintik hujan yang bisa dibilang lumayan deras. Sampai-sampai saat gue pesen taksi online dari setengah 3 pagi, baru dapat taksi jam 4 pagi. Satu setengah jam nunggu dan diphpin taksi online, sampai akhirnya ada yang mau jemput dan antar gue ke kantor, dibilangan Tendean, Jakarta.

Ternyata hujan baru berenti jam 10 pagi, disusul dengan air banjir yang mencoba masuk ke perumahan gue, di Perumahan Jatiasih Indah, Bekasi. Perumahan ini sebenarnya ngga pernah banjir, apalagi pas tau dari orang rumah air banjirnya udah selutut masuk ke rumah, antara percaya sama ngga percaya sih, sampai dibuktiin sama video call dari kakak gue. dan ternyata...... beneran banjir.

Ini adalah banjir pertama gue dalam sejarah hidup selama 26 tahun. Yups. Banjir pertama kali dalam hidup gue. Awalnya ngga bakal nyangka bakal banjir, bahkan banjirnya seleher gue. bentar, videonya dibawah yaa


Iyaaaaaa.. itu air banjir, bukan kolam renang dadakan ada di depan rumah. Mending kalau kolam renang pakai kaporit baunya harum, nah ini banyak bakteri disertai lumpur-lumpur. Nice :)

Tadinya pas gue ambil video itu, gue mau masuk ke dalam rumah tapi apa daya gabisa masuk cuy. bisa-bisa tenggelam gue kalau beneran masuk ke rumah. Ya gimana dong, masih ngga percaya asli deh kalau rumah gue kebanjiran. Ohiya, itu kondisi banjir dari jam 2 siang yaa dan video itu gue rekam sekitar jam 4 sore.

Kondisi rumah banjir segitu, otomatis warga sekitar rumah pada ngungsi dong. Alhamdulillahnya masjid dekat rumah ngga sampai kena banjir, ngungsilah kita-kita orang di masjid itu, bareng sama korban banjir lainnya. Semua ngumpul jadi satu. Dan ini juga jadi pertama kalinya gue ada di pengungsian sebagai korban banjir. Wah tahun baru aku seru yaaaa :)))

Waktu terus berjalan dan malam pun tiba. Kondisi air juga ngga kunjung surut, mau ngga mau gue dan keluarga kakak gue harus ngungsi dan tidur di pengungsian. iya, geletak di lantai cuma beralaskan karpet masjid dan sehelai selimut buat keponakan gue. Gue sih ngga bisa tidur yaa, karena kepikiran surat-surat yang ada di lemari gue, apa iya masih bisa diselametin atau engga. Jangan-jangan basah atau mungkin hanyut, terus gue ngurus surat-suratnya Cio sama Bimo, yah ribet deh ribet deh. 

Tapi sepertinya Semesta masih berpihak sama gue, tanggal 2 Januari atau keesokan harinya gue coba nengok rumah, airnya masih masuk ke rumah dan kondisinya udah agak surutan, ya kira-kira se betis gue lah yaa. Gue masuk ke rumah, liat kondisi rumah udah acak-acakan bahkan lemari es yang biasa di dapur bisa hanyut dan pindah ke kamarnya keponakan gue, emejing :)))
Apalagi yaaaaa, itu lumpur-lumpurnya ulalaaaa cantik sekaliiiiii...

Hal pertama yang gue lakukan adalah periksa lemari dan selametin surat-surat apalagi paspor. Tau sendiri kan ngurus paspor juga agak ribet. Pas buka lemari, wah ternyata mapnya ngga basah sama sekali doooooong, langsung alhamdulillah ngga berenti-berenti. Langsunglah gue ambil itu mapnya dan gue selametin ke tempat aman. yaaa beginilah penampakan rumah gue kemasukan air banjir :))



Air udah surut, waktunya beberes rumah. Iyaaa, yang beresin lumpur-lumpur itu kakak gue sama suaminya. gue? kebagian jagain anaknya ajaaaa, karena mereka tau gue ngga pandai beberes rumah dan lebih bisa diandelin untuk jaga baby ahahaha :p

Kondisi udah ngga karuan banget deh. gue ngga kebayang sih capeknya gimana itu beberes rumah. air banjir campur lumpur. Mereka beberes rumah, sedangkan gue kembali harus ngungsi demi keponakan gue. 

Tanggal 3 Januarinya, rumah masih berantakan ngga karuan, tapi seengganya itu lumpur-lumpur udah sebagian berhasil dibersihin dan barang-barang masih berantakan. Nyuciin perabotan, mulai dari piring-gelas, sepatu, tas-tas dan perabotan lainnya. pluuuuus itu baju-baju gue basah semua ngga ada yang bisa dipake, akhirnya dimasukin ke laundry dan bayar sejuta sodara-sodara, ada 14 karung :))))

Ya, setidaknya ngga usah repot nyuci sih, karena itu pasti akan capek banget. Makasih ya mas/mbak laundry yang udah mau nerima 14 karung baju-baju basah bekas banjir. 

Banjir kali ini bener-bener dahsyat. Selain banjir, hadiah yang Allah kasih ke gue lewat sakit. yuhuuuu, gue kena tipes. ini pun kali pertamanya gue sakit kena tipes, masuk rumah sakit dan DIINFUUUUUS. Gue adalah manusia cemen kalau udah berurusan sama rumah sakit. Asli deh, gue yang di SMA jadi anak IPA dan sekarang move ke sosial, ngga bisa banget kena suntikan, jarum atau apapun itu namanya. Bawaannya badan langsung lemes, lungkai, letih bahkan mau pingsan liat si suntikan itu. Sampai-sampai nih yaa, pas mau diinfus gue nangis. literally nangisssss guys :))))
betapa cemennya aku kalau udah di rumah sakit tuh :')

- yeuh disakitin laki berkali-kali aku kuat, tapi kalau disuntik aku menyerah :( -

yaa, gue tuh ngerasain badan pada lemes, pusing yang amat sangat dahsyat itu dari tanggal 8 Januari. Awalnya dokter klinik bilang gue radang, tapi kok tanggal 11 badan gue bukannya membaik malahan makin ngga enak. tanggal 11 lah gue ke dokter lagi, didiagnosa gue kena gejala tipes. berhubung gue ngga pernah kena sakit sampai separah ini, gue gatau kalau gejala tipes harus istirahat kan, ngga minta lah gue surat dokter. terus pas nyampe rumah diomelin mamake, kenapa ngga minta surat dokter kan gejala tipes. yaa dalam hati, meneketeheeee Maaaaa kalau itu harus minta surat dokter. lagipula dokternya ngga ngasih advice apa gitu, kan pasiennya kena gejala tipes. jadi gue santai aja

Tanggal 12 badan gue makin ngga enak, akhirnya gue memutuskan untuk pergi ke IGD salah satu RS deket rumah. Lagi-lagi kali pertama gue jalan naik ojek ke IGD sendirian, yup sendirian. tuh strong kan akuuuu :)))
begitu sampai di IGD, disuruh cek darah laboratorium, cek lah gue ke lab. dan DISUNTIIIIIK sampai 2 kali karena itu darah gue ngga keluar. help :(
beres diambil darahnya, gue nunggu hasil labnya 30 menit. 

-- 30 menit berjalan --

hasilnya...... gue yang ngga pernah tau hasil lab lab gitu tapi mencoba memahami isi dari suratnya ternyata 

hemoglobin 14,2 dari normal 12-14
hematokrit 43,0 dari normal 37-43
lekosit 4,57 dari normal 5,0 - 10,0
dan trombosit gue 214 dari normal 150-400

terus imunnya menunjukkan + , titer 1/320 dari normal kurang 160

dan positif TIPES :))))

begitu balik ke IGD, gue harus dirawat dan ngga bisa kalau ngga dirawat karena hasilnya udah ancur banget, kata dokter IGD. Dirawatlah gue dari tanggal 12 Januari dan baru boleh pulang setelah 5 hari dirawat atau tepatnya 16 Januari. Lima hari di RS dan begitu balik sampai di rumah, barang-barang rumah belum sepenuhnya kembali seperti saat sebelum banjir.

Bener yaa, banjir itu melelahkan. sangat sangat melelahkan. Cape beresin rumahnya. Nope, ngga bermaksud ngeluh terus sih, tapi bener aja, mereka yang rumahnya tiap tahun kebanjiran jadi ngerti gimana rasanya :')

Ya tapi gimana, mereka ngga punya pilihan lain. Bahkan mungkin banjir adalah hal biasa untuk mereka yang rumahnya ada di kawasan banjir. tapi buat gue, banjir itu bukan sekedar bencana, tapi juga berkah sih. Di balik banjir ini gue belajar banyak hal. Belajar untuk merasakan dan lebih peka dengan kejadian-kejadian seperti ini. Sebelumnya gue cuek-cuek aja, tapi setelah merasakan, subhanallah, dahsyat!

Ohya, curah hujan Januari bukan puncaknya lho. Dikabarkan intensitas hujan akan lebih besar terjadi pada Februari dan Maret. Yaaaa, semoga aja ngga banjir lagi yaa. Ku mohon doanya guyyyyys :)))

Yaaaa, ini cerita awal tahun 2020 gue. Yang super duper, penuh kesabaran dan hadiah spesial dari Allah. pluuuus, ini gue ngetik blog di laptop gue yang juga baru sembuh setelah kecemplung di air banjir :)))

Teirma kasih udah baca blog ini yaa. Kalau kamu juga kayak aku yang kena banjir, sabar sabar yaaa. Semua akan kita lewati kok, sabar :)

0 komentar: