Saturday, March 10, 2018

Pengalaman Pakai Aplikasi Dating

Aloha! Selamat datang di blog gue

Lo pasti udah tau apa yang mau gue bahas ahaha. yap! Soal aplikasi dating atau kencan. Aplikasi yang diciptain untuk mereka yang ingin mencari teman baru atau bahkan mencari jodoh.

Mungkin banyak dari lo yang udah pernah gunain aplikasi macam gini, mungkin ada yang ketemuan terus temenan, mungkin jadian, atau bahkan sampai nikah dan sekarang udah punya anak. Well, salut deh buat mereka yang beneran udah sampai nikah dengan perantara aplikasi kencan gini. Kayak yang kita tahu kan, aplikasi macam gini kadang suka ada stranger yang emang sengaja ikut aplikasi gini cuma buat kesenangan semata, ya lo ngertilah maksud gue.

Okay, kali ini gue akan menceritakan pengalaman gue ikutan aplikasi dating itu yang sebenarnya hanya berlandaskan penasaran kok banyak dari teman gue yang pakai aplikasi itu, bahkan gue pernah nemui temen kantor gue pakai aplikasi itu juga dan gue sama dia match ahaha

Sekarang aplikasi dating gini banyak banget ya, bisa dengan gampang lo download di ponsel lo dan langsung sign up untuk bisa gunain aplikasi itu. Terus lo bisa masukin foto dan taruh sedikit biodata lo misal sekolah, kuliah atau kerja dimana, tinggal dimana, bahkan mau nyari kriteria yang kayak gimana hahahaha. Kalau udah, langsung deh lo bisa pilih foto mana yang lo suka, tinggal swipe ke kanan untuk suka sama orang yang ada di foto itu atau lo tinggal geser ke kiri kalau lo ga suka. Sesimple itu.

Diaplikasi itu lo akan nemuin cowok atau cewek ga cuma dari Indonesia aja, tapi ada juga cowok/cewek produk luar ikut aplikasi model gini. Kayak India, Pakistan, Arab, Australia dan yang lainnya. Mungkin dari semua yang ikut aplikasi itu ada yang nyangkut di lo ahaha.

Well, sebulan kebelakang ini gue iseng nyoba aplikasi macam gini, gada tujuan aneh-aneh sih. Gue cuma penasaran aja, sebenarnya aplikasi ini kayak gimana dan isinya tuh manusia-manusia seperti apa. Ternyata setelah gue cek, beragam. Ada yang pakai foto comot dari Google, ada yang pakai foto sendiri dengan foto paling ga banget, ada yang pakai foto terbaiknya diupload ke situ dan ada juga foto orang lain yang dipakai untuk menggelabui sang 'korban' (untuk yang kayak gini sih lo harus hati-hati ya)

Gue download salah satu aplikasi dating, yang paling banyak di review orang dan banyak artikel nyaranin aplikasi itu dengan peringkat teratas di kelasnya. Downloadlah gue.

Setelah download, upload foto dan pilih-pilih, ada yang match ada yang ga. Beragam ahahaha. Swipe ke kanan, swipe ke kiri, udah gitu aja terus. Kalau ada yang menarik langsung chat "Hi" atau dichat "Hi". Gue mainin aplikasi model gini, kalau ada waktu senggang aja gue maininnya. Dan ada batasan like nya gitu, kalau lo udah like sekian banyak foto nanti akan ada waktu buat lo nunggu untuk bisa like foto selanjutnya. Kadang....gue kehabisan "like" dan harus nunggu kisaran 8 jam untuk bisa like foto lagi wkwkwk.

Gue pernah liat di aplikasi itu, ada CEO salah satu perusahaan start-up e-commerce yang ikutan aplikasi itu. Gue sempet mikir, untuk apa ya CEO kayak dia ikut aplikasi perjodohan gini, emang gada cewek yang dia taksir atau naksir dia gitu apa ya, secara dia kan CEO. Ya dibiodatanya si gitu ya, gatau itu beneran CEO atau bukan, tapi anehnya gue malah gue sweep ke kiri wkwk. Lanjut!

Ya, suka duka sih pakai aplikasi dating gini. Kalau ada yang match bisa sampai lanjut ke chatting ke whatsapp atau line gitu. Gue pun gitu. Gue sempet download terus gue uninstall karena boring, gitu-gitu aja terus, match-say hi-nanya kegiatan-udah. Lama kelamaan gue bosen, terus gue uninstall. eh waktu itu gue yang bosen, gatau mau ngapain, gue download lagi itu aplikasi, tapi setelah dapat kejadian yang ga enak, terus gue hapus akun gue dan agak "kapok" pakai aplikasi semacam ini.

Nah gue mau cerita kayak gimana pengalaman gue bertemu dengan stranger aplikasi dating di kehidupan nyata, yap sampai ke dunia nyata. Ketemuan. So far sih baik, tapi ada juga yang "manfaatin".

Okay, gue mulai dari yang pertama, panggil aja dia si A. Well, pasti bermula dari swipe ke kanan dulu ya, terus chat, tukeran nomor gitu, chatting dan ketemuan. Gue cuma mau mastiin, foto si A itu beneran atau bukan. Ketemulah gue sama dia sekitar bulan Januari akhir lalu, baik, sopan dan asik diajak berteman. Gue makan sama dia di salah satu resto cepat saji di Bekasi. Ngobrol-ngobrol, asik. Udah. Besokannya, gue ataupun dia ngga ada yang ngechat. Cukup sampai disitu.

Yang kedua, panggil aja si B, Bagong!. Ya, si Bagong. Dari gaya sih oke ya, oke punya, bermobil juga, terus sempet jemput gue di kantor terus jalan, cerita-cerita. Dari awal ketemu gue udah punya feeling ga enak sama si Bagong ini, gue berinisiatif untuk rekam semua perbincangan gue sama dia di mobil. ya gue rekam, gue masih ada rekamannya, bahkan gue foto juga id card yang dia gantung di kaca spion diatas dasboard mobil. Awalnya sih baik ya, cuma kok lama-lama dia gasopan, pegang lengan gue ya sambil bercanda sih cuma gue gasuka baru kenal udah berani pegang. Oke itu pertama masih gue maafin, di tengah jalan, dia begitu lagi, pegang tangan gue, gue langsung marah dan bilang gasuka. Dia ngeles gitu, nanya lah kenapa gasuka, padahalkan kita cuma berdua doang di mobil, dalam hati gue, eek lu! Sampai lo macem-macem kali yang ketiga kalinya, gue turun dari mobil dan gue jadiin viral nih, karena rekaman suara dan foto id card doi udah ditangan gue.
Tujuan gue saat itu mau ke salah satu Mall di Bekasi tapi mau mampir dulu ke kantor kakaknya di sekitaran TB Simatupang. Dia turun dari mobil, gue nunggu di mobil sambil mikir apa yang harus gue lakukan setelah ini kalau dia macem-macem. Sampai dia balik ke mobil, terus dia dengan beraninya bilang, coba kasih kiss dulu dong, kan enak cuma berdua doang. Dari situ gue memutuskan untuk turun dari mobil itu dan pulang sendiri ke Bekasi. Bodo amatan dia mau ngapain kek, yang penting gue selametin diri dulu. Dan bener, Allah masih sayang sama gue dan menjadikan ini pelajaran. Ini adalah pertama kalinya gue mengalami hal yang ga ngenakin setelah pakai aplikasi dating begini. Next!

Gue masih juga penasaran, gue cobalah ketemuan sama stranger ketiga, panggil aja C. Ya, dari awal kenalan baik, terus chatting via whatsapp oke, cerita-cerita, curhat dan ketemuanlah gue sama dia di salah satu Mall di Bekasi (lagi). Feeling gue sama orang ini biasa aja, gada curiga dan feeling gue dia anak baik-baik dan bener aja, sepanjang gue jalan sama dia, ga ada kata kasar, colek-colek atau pegang-pegang. Pokoknya sopan deh. Seru juga diajak ngobrol. Dia adalah chef di salah satu hotel di Jakarta Pusat. Setelah nonton, kitapun masih aktif komunikasi via whatsapp. Teman baru.

Dari kisah gue ini mungkin lo bisa ambil pelajaran ya, sebenernya aplikasi semacam ini membantu mereka yang ingin memiliki teman atau bahkan pasangan baru dengan cara yang instan. Hanya melihat foto dan sedikit biodata, kalau merasa cocok ya tukeran nomor handphone, chatting terus ketemuan and so on and so on. Tapi ga jarang juga, lewat aplikasi semacam ini banyak yang "memanfaatkan". Ga cuma aplikasi dating atau kencan aja sih yang bisa mendatangkan manusia macam si Bagong itu, tapi aplikasi lain yang biasa lo pakai juga memungkinkan lo bertemu dengan Bagong-bagong yang lainnya.

Tujuan gue ikut aplikasi ini, mau tau isi manusianya seperti apa, bertemu dengan mereka, dan cukup tiga kali bertemu dengan stranger dari aplikasi dating, ga semua yang pakai aplikasi itu jahat atau "memanfaatkan", ada juga kok mereka yang baik dan memang benar mencari dan berharap dapat yang cocok dari aplikasi itu.

Saran gue, kalian yang memang mau mencoba aplikasi semacam itu, silahkan. Tapi kalian harus liat-liat dulu manusianya seperti apa. Kalau sampai ketemuan, usahain lo jangan ketemuan berduaan doang, ajak siapa gitu temen lo yang bisa nemenin lo untuk ketemuan sama dia, buat jaga-jaga aja sih. Kalau pun ga ada yang bisa nemenin, paling ga lo ajak ketemuannya ditempat yang ramai, misal, Mall kayak gue sama si A dan C ketemuannya, aman. Jangan kayak gue sama di B, tujuannya mau ke Mall juga sih, cuma pake mampir-mampir itu yang buat lo jadi ngga aman. Kalau kondisi lo ketemu kayak si B, lo siapin aja handphone untuk rekaman suara dan kalau biasa, ada id card dia di mobil lo foto aja, untuk jaga-jaga kalau lo diapa-apain lo bisa ngelapor dan ada barang bukti serta identitas pelaku. gitu.

Buat gue, cukup sih main aplikasi semacam itu. Cukup. Ga lagi. Gue udah bertemu dengan ketiga stranger itu juga udah cukup buat gue tau. Ada yang baik ada juga yang kayak si B.

Well, kalau lo mau cari jodoh, gausah pakai aplikasi gitu deh, buat nyari aman aja mending lo minta tolong teman lo buat kenalin lo ketemannya atau gimana gitu, biar ada perantaranya juga. Itu lebih aman dibanding pakai aplikasi instan itu. Dan yang paling penting diantara semuanya, lo harus berhati-hati kalau kenalan sama orang baru. Kalau kata Mama gue, jangan pernah ambil makanan atau minuman dari orang yang baru lo kenal ditempat keramaian, bukan suuzon tapi untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan.

Itu aja sepenggal pengalaman gue dengan aplikasi dating yang pernah gue pakai dan bertemu dengan para stranger itu.

Sekian.

Bekasi, 247.







0 komentar: